Tahap Wawancara Seleksi Eselon I dan II Kemenag Selesai, Hasilnya DIplenokan 12 Juli

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta -Tahap wawancara seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya/Eselon I dan Pratama/Eselon II selesai. Tahapan ini diikuti 99 peserta seleksi JPT Pratama dan 30 peserta seleksi JPT Madya. 

"Alhamdulillah, tahap wawancara JPT Madya selesai hari ini, pukul 17.00 WIB," terang Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Saefuddin di Jakarta, Minggu (28/06). 

"Wawancara JPT Pratama selesai lebih awal, 15 Juni 2020," sambungnya. 

Menurut Saefuddin, hasil seleksi wawancara ini akan diserahkan oleh Panitia Seleksi (Pansel) ke tim Sekretariat paling lambat 5 Juli mendatang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai asesor juga harus sudah menyerahkan hasil asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural kepada Pansel paling lambat 8 Juli 2020. Kedua hasil itu akan dibahas bersama pada sidang pleno Pansel.

"Sidang pleno insya Allah akan dilakukan pada 12 Juli mendatang," tutur Saefuddin. 

Sidang pleno pansel, kata Saefuddin, akan memilih tiga peserta terbaik di masing-masing formasi. Hasil itu selanjutnya diserahkan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapat rekomendasi sesuai rekam jejak masing-masing. Pengumuman tiga besar menunggu keluarnya rekomendasi dari KASN. 

"Dari tiga peserta terbaik di setiap formasi JPT Pratama yang sudah mendapat rekomendasi dari KASN, akan dipilih salah satu untuk dilantik," jelasnya. 

Untuk JPT Madya, Menag selaku PPK akan mengusulkan tiga calon terbaik kepada Presiden. Usulan Menag selanjutnya dibahas dalam sidang TPA (tim penilai akhir). "JPT Madya terpilih akan dituangkan dalam Kepres, untuk selanjutnya dilantik oleh Menag," tandasnya.(p/ab)